Cara Optimasi SEO Off Page Mudah dan Berkualitas

Artikel terkait : Cara Optimasi SEO Off Page Mudah dan Berkualitas

Melakukan optimasi SEO off page itu sama halnya mempromosikan sebuah situs web di situs lain agar di kenal dikalangan pengguna internet dan Search Engine. SEO Off page mengacu pada teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan posisi situs web di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Banyak orang mengasosiasikan SEO off page dengan membangun link tetapi tidak hanya itu. Secara umum, SEO off Page harus dilakukan dengan metode promosi - di luar desain website - untuk tujuan mendapat peringkat situs yang lebih tinggi dari hasil mesin pencari.

Disatu sisi on page SEO bekerja di dalam blog/website itu sendiri dan di sisi lain SEO off-page bekerja di dalam luar daerah blog. On page dan off page sangat berperan penting dalam meningkatkan peringkat blog di mesin pencari, maka setelah Anda melakukan optimasi SEO on page, Anda juga harus melakukan optimasi SEO off page tersebut, agar onpage dan off-page bisa berjalan maksimal.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ke pada Anda lagi tentang cara optimasi SEO off page untuk mendapatkan traffick dan meningkatkan peringkat baik di mesin pencari. Silahkan di simak.

Apa itu SEO Off Page?

SEO off-page adalah proses mengoptimalkan halaman dari luar situs Anda dengan mendapatkan link back ke situs Anda. Semakin banyak link back yang masuk ke situs Anda semakin baik pula situs Anda di mata mesin pencari. Jadi inti dari off page adalah membangun situs dari luar untuk mendapat traffick yang banyak dari pencarian mesin pencari atau dari situs media sosial dan sebagainya.

Mengapa Off Page Itu Penting?

Search engine telah mencoba selama beberapa dekade untuk menemukan cara untuk mengembalikan hasil terbaik untuk pencarian. Untuk melakukan itu, mereka memperhitungkan faktor SEO (off page dan onpage), beberapa lainnya faktor kualitas dan off-page SEO.

SEO Off page memberi indikasi yang sangat baik tentang bagaimana Dunia (situs-situs lain dan pengguna) melihat situs web tertentu. Sebuah situs web yang berguna adalah lebih mungkin untuk memiliki referensi (link) dari situs-situs lain; itu lebih mungkin untuk memiliki menyebutkan di media sosial dan itu lebih mungkin untuk bookmark dan berbagi di antara mereka yang mungkin juga menyukainya.

Langkah Membangun SEO Off Page

Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk melakukan optimasi SEO off page dengan maksimal,namun butuh waktu lama dan kesabaran untuk melakukan itu. Kita tidak bisa menang di search engine dalam waktu 1 minggu atau 2 minggu saja bila kata kunci yang di target adalah kata kunci yang populer, namun bila kata kunci kita tidak populer, mugkin 2 hari saja artikel kita bisa nongkrong di page one Google. Tapi apa guna bila artikel kita menang tapi tidak ada yang mencari sama aja bohongkan.

Sosial Bookmark

Tehnik ini sangatlah mudah dan sangat di gemari oleh para blogger untuk melakukan optimasi SEO off-page. Disini kita cukup untuk meninggalkan sebuah link yang mengarah ke situs kita, namun kita tidak cukup hanya meningalkan link begitu saja melainkan kita juga harus berinteraksi kepada sesama pengguna sosial bookmark ini. Dengan begitu visitorpun akan berdatangan sendiri. Anda bisa menggunakan sosial bookmark seprti Digg,Reddit dll.

Sosial Media

Anda sudah tahu kan berapa pengguna Facebook,Twitter dan Google Plus. Manfaatkan sosial media itu buat promosikan situs Anda dan jangan lupa isi situs Anda dengan artikel yang menarik agar teman anda yang masuk dari sosial media tersebut,selalu tertarik dan ketagihan terus untuk membaca artikel Anda. Satu hal lagi perbanyak teman Anda biar banyak mata yang melihat link situs Anda. Semakin banyak semakin pula kesempatan untuk mendatangkan visitor yang melimpah.

Web Directory

Submit artikel Anda ke situs web directory,sebab cara ini termasuk cara yang sangat manjur buat mendatangkan backlink yang berkualita. Dengan bantuan situs web directory mempermudah google menemukan artikel kita. Apalagi web directory tersebut bersifat dofollow dan page rank tinggi,bukan tidak mungkin lagi situs Anda nongrong terus di page one search engine.

Situs Forum

Cara ini sangatlah di sarankan banget oleh Google untuk mempromosikan situs/blog yang baru. Karena dengan cara Anda berkomentar tujuanya membantu seseorang yang butuh pencerahan di sinilah kesempatan Anda untuk meletakkan link Anda yang cocok dengan masalah orang tersebut,maka kita tidak perlu lagi melakukan spam komentar di blog,karna hal itu sangat dilarang keras oleh google (baca di sini).

Memancing Link

Misalnya Anda telah menyelesaikan sebuah artikel lalu Anda mempubliskannya di situs web Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan link artikel Anda tadi sebagai referensi, Anda bisa melakukan link referensi di situs orang, dengan cara menulis seperti di Moz.com, Searchenginejurnal.com dll, Dengan cara itu akan memancing orang untuk melakukan hal yang sama untuk menggunakan situs Anda sebagai referensi seperti yang telah Anda lakukan.

Tips Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas Untuk Situs Anda.Cocok Untuk Optimasi Seo Offpage.

Backlink Yang Berasal Dari Situs Yang Berkualita Atau Page Rank Tinggi

Page Rank tinggi sangatlah baik buat menanamkan link situs kit.Silahkan Anda berkomentar di situs tersebut,bila Anda bingung cara mencari page rank tinggi,silahkan instal seoquake di broswer Anda,ketika Anda mengetikkan sesuatu di search engine seoquake akan menampilkan berapa page rank situs tersebut.

Situs Yang Bersifat Dofollow

Denga cara berkomentar di situs yang bersifa dofollow,search engine memungkinkan akan mengindex link kita yang sudah kita tanam tersebut. Backlik dari situs dofollow tidak perlu harus di klik oleh orang dulu baru jadi backlink,beda dengan situs nofollow akan jadi backlink bila link kita di klik oleh seseorang pengguna internet baru jadi backlink.Tapi dari nofollow juga baik,karena link building sama denga baklink dofollow.

Backlink yang berasal dari situs yang relevan atau sama dengan artikel yang kita bahas

Menurut para master seo dengan cara mendapatkan backlink yang relevan dengan situs kita, dengan secara bertahap situs kita akan mendapatkan hadiah dari google yaitu meningkatkan page rak pada situs kita,Ini sangat baik dengan mempunyai page rank, situs kita akan di percaya oleh pengguna internet, kalau artikel kita benar benar bermanfaat.

Begitulah langkah atau cara optimasi seo offpage yang baik yang bisa membantu situs kita selalu nongkrong di halaman depan search engine. Semua itu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan,tapi butuh waktu, keuletan dan kesabaran untuk bisa menghasilkan sesuai yang kita ingikan. Oke semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda dan Bagi pembaca semua.Semoga Sukses.

Artikel Belajar Membuat Blog Lainnya :

50 comments :

  1. Terimakasih banget sob, mantab artikelnya..

    http://bit.ly/1HmIIRo

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat ijin copas untuk blog saya http://sigitphoto.com nanti saya akan kasih sumbernya :-)

    BalasHapus
  3. Ok silahkan mas sigit, bila memang artikel optimasi seo off page ini bermanfaat apa salahnya, asal sumber di berikan.

    BalasHapus
  4. SEO offpage memang sangat penting ya sob untuk ditingkatkan, maka dari itu perlu usaha dan sungguh-sungguh agar blog tinggi trafiknya, salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kunci utama SEO itu artikel yang berkualitas, penerapan SEO onPage dan OffPage sebagai pendorong saja, tapi tetap harus dilakukan.

      Hapus
  5. SEO offpage memang sangat penting ya sob untuk ditingkatkan, maka dari itu perlu usaha dan sungguh-sungguh agar blog tinggi trafiknya, salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. off page optimis memang sangat penting mas, tapi bukan hanya off page yang menjadi penentu mendapatkan peringkat baik di mesin pencari

      Hapus
  6. makasih ya gan infonya .. hehe

    Lowongan Kerja BUMN Terbaru : http://expocpnsbumn.blogspot.com/search/label/BUMN

    BalasHapus
  7. Mantab bener dah ulasannya bang.. Saya coba dulu ya dengan optimasi seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan di terapkan optimasi seo off page nya, semoga lancar jaya

      Hapus
  8. oke sobat terima kasih atas informasinya semoga sobat tambah jaya lagi. salam sukses buat kita semua

    BalasHapus
  9. salam kenal gan

    artikel yang sangat menarik dan sangat membantu
    mari saling berbagi ilmu kepada semua
    karena berbagi adalah amal.. :):):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga gan, mari sama sama berbagi ilmu

      Hapus
  10. Makasih ya gan infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Ooh gt, jadi kl no follow harus di klik seseorang dulu ya gan baru jadi baclink. Cara ngcek web no follow atau dofollow gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika membaca dari wikipedia iya mas, diklik baru di hitung. tapi tetap saja jadi backlink walaupun nofollow. Namun jika diklik bisa ningkatin juga peringkat di serp.

      untuk mengetahui dofollow atau nofollow bisa di baca disini mas http://www.buatblog.net/2015/05/cara-mengetahui-blog-dofollow-atau-nofollow.html

      Hapus
  12. Langkah2 nya Kok Ga Di Kasi Selengkap2 nya bosku

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau langkahnya saya kasih detail, gimana nasib jasa seo mas?

      Hapus
  13. Cara Memancing Link perlu dicoba nih gan , mantap deh

    BalasHapus
  14. Ane dh coba, tapi artikel masih ke indeksnya cuman satu gan.. padahal postingan udah sampe lebih dri 4. makasih tapi sebelumnya ya gan. http://anekariawisata.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  15. sob kalo bisa bikin yang on page nya ...ini keren makasih infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya buat mas, tapi baru menembus 8 besar google dengan kata kunci cara optimasi seo on page. Ini gan linknya http://www.buatblog.net/2015/02/optimasi-seo-on-page.html

      Hapus
  16. makasih mas bro artikelnya...salam kenal...

    BalasHapus
  17. terima kasih gan artikel sangat bagus dan bisa buat bahan pelajaran untuk saya yang masih newbie, semoga sukses selalu gan..

    BalasHapus
  18. Gan ada list situs social bookmark yang punya pagerank tinggi?

    bagi agan yang berminat belajar membuat web bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    BalasHapus
  19. Terima kasih gan, sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  20. berapa batasan dari google untuk melakuakn optimasi offpage via submit sosbok? apakah bebas atau mempunyai batasan

    BalasHapus
  21. Iya Off-Page SEO emang langkah terpenting demi kemajuan blog, makanya perlu memaksimalkan pengetahuan yang baik soal Off-Page SEo.
    Sayangnya di artikel ini Mas Luki.P tidak merinci soal cara-caranya jadi agak sedikit nanggung mas hehehehe (no offense ya mas).

    Bagi temen2 komentator yang ingin lebih dalam mempraktekan apa itu Off Page Seo dan On Page SEO mungkin bisa mampir ke artikel saya ini, jika tidak berkenan bisa dihapus Mas Luki maaf:

    1. http://www.mugianto.web.id/2016/04/seo-off-page-pengertian-dan-teknik-terbaiknya.html

    2. http://www.mugianto.web.id/2016/04/seo-on-page-mengenali-anatomi-artikel.html

    Info, gambar artikel terkait kok bentuknya x semua ya mas, apa mungkin inet saya yang bermasalah.

    Salam Blogging

    Mugianto

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam melakukan offpage seo. saya tidak merinci karena banyak sekali jasa seo dan tempat belajar seo berbayar. alangkah naifnya saya jika menggangu rezeki mereka.

      Untuk artikel terkait, gambarnya memang tidak semua saya beri gambar jadi munculnya x. hehehe

      salam blogging juga

      Hapus
  22. sekarang page rank kan sudah ga ada bro ?

    apa cek dari alexa ?

    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa menggunakan acuan PA/DA mas, kalau alexa saya pribadi tidak pernah memperhatikan itu. Karena menurut saya alexa tidak ada hubunganya dengan seo, tapi alexa berhubungan dengan kualitas situs di mata para pengiklan bukan search engine itu menurut pandangan saya

      Hapus
  23. thanks gan , saya mau nyoba ni , izi tanem backlink ya
    http://artikel-yusuf.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  24. nyimak bagus banget tapi blm ngerti cek dong gan http://laskarproperty1.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  25. Hi! Mas Luki...
    Tips yang bagus mas, pada intinya menanam link sana-sini kan mas?
    Tapi permasalahannya, susah buat nyari tempat yang memiliki benefit yang tinggi.

    O ya mas, btw... Saya juga punya konten sejenis di blog saya di sini
    http://pedomane.blogspot.com/2016/07/seo-off-page.html
    Meski tidak sebagus punyanya mas, agak patut kok kalau dijadikan referensi lain. :)

    Salam,
    Yosua Herbi

    BalasHapus
  26. website direktori sekarang bnyk yg hilang ya ?
    raja-share.blogspot.com

    BalasHapus
  27. Mantap gan, penjelasannya mudah dimengerti
    Kunjungi blog saya juga ya
    www.rynafiz.com

    BalasHapus
  28. sip gan, atrikelnya keren.
    thenks infonya gan.
    salam sukses....

    BalasHapus
  29. Saya sudah coba gan.. hasilnya ada beberapa yg page One. Cuman jika pesaing bnyk perlu rajin nyari backlink.. biar bisa terus maju ke halaman pertama Google.. makasih udh share sngt jelas dan bermanfaat..

    https://galihid.wordpress.com/2016/09/23/hotel-metland-cirebon-by-horrison/

    BalasHapus
  30. Nyari backlink yg berkualitas memang susah ya mas Luki.. mohon info blog yg memiliki backlink berkualitas donk...


    https://galihid.wordpress.com

    BalasHapus
  31. kebetulan saya sedang kembali menjadi blogger. setelah selama beberapa tahun terbiasa bermain di wordpress. dan info dari agan ini sangat bermanfaat bagi saya. salam kenal ya.

    sampai sekarang saya masih begitu memahami teknik optimasi dengan memanfaatkan backlink. cara mendapatknaya gimana dan cara memakainya juga gimana.

    hehehe...

    mohon direview nih gan blog jualan saya http://grosirtasainia.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  32. lumayan membantu, saya kesusahan dalam mencari visitor

    salam : www.yuniku.xyz

    BalasHapus
  33. Seo off page pasti ujung-ujugnya baclink yah! Hehehehe

    BalasHapus
  34. membantu bangetbartikelnya gan....
    jd saya bisa nhembangin blog saya www.balishanti.id jadi makin sukses...

    BalasHapus
  35. mohon maaf, aku masih sangat pemula sekali jadi bahkan masih bingung dg yang sudah dijelskan. jadi mohon bimbinganya.... terima kasih

    BalasHapus
  36. yang biasa saya lakukan itu ke social bookmark

    visit back here http://www.cinajawa.id

    BalasHapus

Terima Kasih Spammer Dan Copasser

Copyright © 2015 Belajar Membuat Blog | Design by Bamz