Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

Artikel terkait : Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

Cara membuat, buat, bikin contact form di blog blogger - Contact form atau disebut juga contact us ini berfungsi sebagai tempat untuk menghubungi pemilik blog atau admin blog. Biasanya contact form memiliki banyak nama yang berbeda di setiap blog, ada yang namanya hubungi kami, kontak kami, atau yang lebih populer adalah contact us.

Menambahkan contact form di blogger merupakan salah satu cara terbaik untuk memberi kesempatan kepada pembaca yang ingin bertanya langsung pada pemilik blog yang bersifat privacy. Ada kalanya contact form juga di gunakan sebagai tempat untuk bekerja sama dalam sebuah bisnis yang biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan yang ingin memasang iklan di sebuah blog yang mereka percaya sebagai blog yang memiliki kredibelitas. Maka membuat contact form di blog itu sangatlah penting untuk Anda maupun pembaca blog Anda.

Nah mungkin bagi Anda yang sedang bingung tentang bagaimana cara membuat contact form di blog, mungkin artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah Anda tersebut. Cara membuat contact form ini terbilang sangatlah mudah, Anda hanya cukup menghabiskan aktu 3 menit saja untuk membuatnya.

Manfaat Membuat Formulir Contact Form Pada Blog

  • Mempermudah pengunjung untuk berbagi dengan Anda.
  • Mempermudah perusahaan untuk menghubungi Anda, untuk bekerjasama dengan Anda.
  • Suatu keharusan untuk daftar Google Adsense.
  • Menjadikan blog Anda terlihat profesional dan kredibelitas.
Dari manfaat di Atas Anda tahu kan berapa pentingnya memasang formulir contact form pada blog Anda. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada Anda cara membuat contact form untuk blog Anda dan silahkan simak ulasan berikut ini.

Membuat Contact Form dengan FoxyForm


Dengan bantuan situs FoxyForm akan mempermudah Anda dalam pembuatan halaman contact us pada blog Anda dan tentu tanpa biaya atau gratis. Oke silahkan ikuti tutorial berikut ini.
Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

1.Silahkan masuk di situs ini FoyForm. Disana Anda akan di suguhi setingan tampilan contact form yang akan ditampil pada blog Anda, namun menurut saya tidak perlu di rubah karena tampilanya sudah cukup menarik dan enak di pandang mata, tapi jika Anda ingin merubah ya silahkan sesuaikan apa yang menurut Anda cocok untuk templat blog Anda. Silahkan lihat contoh gambar di bawah ini.

Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website
Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

2.Setelah Anda merubah atau tidak merubah setingan, lalu isi email aktif Anda untuk menghubungkan Anda nanti dengan pengunjung Anda dan kemudian masukkan sandi kalau Anda bukan robot lalu klik pada Create Formular. Setelah itu akan muncul kode silahkan copy untuk di pasang di halaman blogger Anda. Lihat contoh gambar di bawah.
Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website
Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

Sampai disini Anda telah berhasil dalam membuat contact form. Namun belum selesai Anda harus memasangnya di blogger Anda. Silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Memasang Contact Us di Blogger


Setelah selesai membuat contact form di foxyform, sekarang saatnya Anda memasang di blogger Anda, agar terlihat di blog Anda oleh pengunjung.

1.Silahkan masuk di blogger Anda.

2.Silahkan klik pada Pages lalu klik pada New Page. Lihat contoh gambar di bawah, saya menggunakan gambar cara membuat privacy policy di blog, karena caranya sama dalam membuat halaman baru di blog.

Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

3.Kemudian masuk pada mode HTML lalu pastekan kede tersebut yang sudah Anda buat tadi di FoxyForm. Jika belumdi copy silahkan lihat email Anda, karena kode tersebut juga di kirim di email Anda yang di pakai buat isi formulir tersebut. Lihat contoh.

Cara Membuat Contact Form di Blog atau Website

4.Lalu publiskan kemudian silahkan pasang di menu blog Anda agar telihat jelas oleh pengunjung Anda. Selamat Anda sudah selesai dalam pembuatan contact form Anda.

Kesimpulan:

Dengan membuat atau memberi formulir contact form pada blog, hal ini akan mepermudah pengunjung atau perusahaan untuk menghubungi Anda dalam kepentingan tertentu yang sifatnya lebih pribadi dan sangat di anjurkan juga memasang contat form oleh Google Adsense sebelum mendaftarkan blog Anda pada mereka dan itu bagus juga untuk menjadikan blog Anda lebih terpercaya dari pada blog yang tanpa ada contact formnya.

Cukup sekian artikel dari saya tentang bagaimana cara membuat contact us di blog dan semoga bermanfaat bagi Anda dan semua.

Artikel Belajar Membuat Blog Lainnya :

13 comments :

  1. Makasih mas, jarang ngeblog/online belakangan. Iseng jalan2 eh nyantol kesini. Saya hanya bisa bilang anda seorang blogger sejati... salut mas. Salam jabat erat dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu cara untuk memudahkan pengunjung berkomunikasi langsung dengan pemilik blog
      http://giribig.com/

      Hapus
  2. itu ukurannya gak bisa di gedein?

    BalasHapus
  3. makasih gan, sudah saya terapkan, hasilnya yes

    BalasHapus
  4. mksh gan, sangat berguna infonya.monggo mampir ke blog ane gan kanglensbit.xyz

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat untuk diterapkan diblog saya,
    https://gunungargopurositubondo.blogspot.co.id

    BalasHapus
  6. Sangat membantu banget gan, saya sedang mencoba bikin blog di blogspot. Tapi masih bingung cara edit kolom isian form dari foxyform.

    Yang daya ingin tanyakan :
    Gimana cara edit form tsb.

    Misal : ” Nama” ingin saya ganti “nama anda”

    Trus misal “alamat” pengen saya ganti “alamat anda”

    Itu gimana yah gan?

    Ini blog saya, tolong di koreksi dan masukan nya..(maklum pemula)

    http://www.nissancikarang-datsuncikarang.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Keren mas tapi masih terlalu sederhana.

    BalasHapus
  8. halo mas, saya sudah coba di website saya tapi gagal.

    BalasHapus
  9. makaSih tutorialnya semoga bisa membantu saya mampir gan di corat coret saya https://thegreatofindonesia.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  10. mantap. kunjung balik gan

    BalasHapus

Terima Kasih Spammer Dan Copasser

Copyright © 2015 Belajar Membuat Blog | Design by Bamz