Cara Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas

Artikel terkait : Cara Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas

Cara Optimasi SEO OnPage pada blog - Mungkin saat ini Anda sedang mencari cara optimasi seo onpage yang baik dimata mesin pencari itu bagaimana dan bahkan mungkin Anda mencari tehnik terbaik untuk SEO onpage pada website Anda! Jika itu benar, mungkin artikel inilah yang selama ini sedang Anda cari cari.

Semua pelaku seo menyadari bahwa, melakukan optimasi seo onpage dan off-page pada blog mereka itu berpengaruh pada peringkat baik di mesin pencari. Dan kita juga meyakini bahwa, tidaklah mudah untuk mendapatkan peringkat baik dimesin pencari (terutama Google), Kecuali Anda memiliki tehnik terbaik untuk membangun SEO On-Page dan Off-page  pada halaman situs Anda.

Kita tahu, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic blog adalah dari mesin pencari. Maka dari itu kita harus memahami apa itu SEO dan cara kerja SEO itu seperti apa. Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara terbaik optimasi seo onpage pada situs Anda.

Sebelum kita melangkah dalam melakukan optimasi seo onpage pada blog, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu SEO onpage?
Bagaimana cara optimasi seo onpage yang baik ya

Apa Itu SEO OnPage?


SEO onpage mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh Anda dengan coding yang terdapat pada halaman blog Anda. Contoh optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress termasuk kode aktual HTML, meta tag, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci.

Tehnik Dasar Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas


Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang cara optimasi SEO off-page pada situs kita, maka kali ini kita akan membahas tehnik seo onpage itu seperti apa sih? Sebagai berikut;

# Cara Optimasi SEO Title Tage

Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.

Anda bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog Anda dan apa bila menurut Anda kurang menarik Anda bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.

Contoh:

Pertama: Optimasi seo on page pada website - judul ini sangat bagus dan sangat tertarget kata kunci itu, karena kata kunci dari judul itu optimasi seo onpage.
Kedua    : cara terbaik optimasi seo onpage 2016 - contoh judul ini pun juga sangat bagus karena lebih memikat calon pengunjung blog Anda. Semakin menarik judul dan unik semakin banyak juga jumlah klik yang masuk pada situs Anda.

Dari contoh judul di atas yang mungkin menempati posisi utama dari penelusuran mesin pencari adalah nomer satu, tapi dari segi klik atau minat pengunjung tentu memilih nomer 2, karena lebih meyakinkan.

# Cara Optimasi SEO Meta Description

Meta description adalah nomer dua setelah judul yang harus di optimalkan. Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang relevan dengan judul.

contoh gampang saja ketika Anda mencari sesuatu di google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus Anda lakukan juga.

Usahakan panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan 165 karakter saja, maka usahakan meta deskripsi Anda benar benar menarik agar calon pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog Anda dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog Anda.

# Cara Optimasi SEO Link atau url

Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog Anda, karena url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di ingat oleh orang.

Dari sebuah perdebatan di atas, saya menyimpulkan lebih baik Anda menggunakan url yang singkat namun berisi, maksudnnya buatlah link yang singkat dan relevan dengan mengandung kata kunci.

Contoh 1:

"http://www.buatblog.net/2015/02/optimasi-seo-on-page.html"

Dari contoh url di atas manusia atau mesin pencari pun akan mudah menyimpulkan bahwa artikel Anda menunjukkan tentang optimasi seo on page. Singkat jelas dan tertarget dengan kata kunci artikel.

Contoh 2:

"http://www.buatblog.net/2015/02/cara-terbaik-optimasi-seo-onpage-2016"

Dari contoh nomer dua di atas, ya itu menunjukkan cara optimasi seo on page terbaik 2015, namun hrus di ingat, tidak semua alamat url akan tampil pada mesin pencari, biasanya hanya tampil beberapa bagian saja, maka kesimpulanya panjang url tidak semua menjadi lebih baik dan jelas itu susah untuk di ingat, walaupun sekarang jarang ada orang yang mengingat masalah url, biasanya orang selalu mencari sesuatu lewat mesin pencari, tetapi tidak ada salahnya untuk memperpendek url.

Seperi Google sendiri menyatakan 2 sampai 3 dari url adalah kata kunci lebih berbobot.

# Cara Optimasi SEO Internal Link

Usahakan ketika Anda menulis artikel berikan internal link yang relevan dengan topik pembahasan Anda, seperti yang saya lakukan di atas, semua itu bertujuan untuk mendapatkan link juice, semakin banyak link juice akan berdampak positif bagi artikel kita.

Contoh banyak sekali internal link yang di berikan di situs Wikipedia, menurut wikipedia artikel yang baik adalah artikel yang memberikan internal link yang berkaitan dan relevan, begitu juga search engine juga menyukai artikel yang memiliki internal link yang relevan sebelum menentukan situs tersebut masuk di halaman pertama mesin pencari.

cara optimasi seo on page


Namun saya saran saya tidak usah memberi terlalu banyak internal link seperti wikipedia, berikan 2 sampai 5 internal link itu sudah lebih dari cukup.

#  Cara Optimasi SEO External Link

Selain memberi internal link pada sebuah artikel, external link juga sangat berpengaruh pada serp. Memberi External link atau link keluar dari situs kita, sangat membantu artikel kita menempati posisi baik di mesin pencari, apa lagi situs ersebut terbilang situs yang baru. Anda bisa mengambil contoh di situs MOZ, lihat cara mereka memberikan eternal link.

Anda harus tahu bahwa search engine spiders, melompat dari satu situs ke situs yang lain untuk mengumpulkan data yang relevan kemudian diseleksi baru di tentukan artikel mana yang relevan untuk tampilkan di halaman utama mesin pencari. Maka link keluar sangat berperan penting dalam SEO.

Kebanyakan dari kita pelit sekali memberi backlink untuk artikel yang biasa kita baca, padahal artikel tersebut memberi kita pelajaran yang bermanfaat bagi kita, apalagi dampak memberi link keluar untuk artikel kita sangat bagus. Untuk memberi external link, gunakan variasi Anchor text untuk target kata kunci agar lebih optimal.

# Cara Optimasi SEO Pada Gambar

Gambar selain memberi artikel lebih berwarna dan mempermudah pembaca unuk memahami artikel kita, gambar juga memiliki dampak yang positive bagi situs kita, semakin pengunjung lama tinggal di situs kita, maka akan mendapatkan nilai plus bagi situs kita, karena semakin lama pengunjung tinggal di situs kita, akan mengurangi tingkat bouncing out rate.

Seperti yang Anda tahu google menentukan artikel yang berkualitas juga melihat dari tingkat bouncing out rate, jika bouncing out rate Anda tinggi, artikel Anda akan di anggap tidak berkualitas oleh google.

alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk optimasi gambar, robot txt tidak bisa melihat gambar yang ada dipostingan kita, namun dengan menggunakan atribut alt ini robot txt bisa mendeteksi gambar di blog kita. semua platform website sudah banyak yang mendunkung dengan atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan kalain bisa berada dipencarian.

# Cara Optimasi SEO H1 Tag Untuk Judul Artikel

Pastikan setiap judul artikel menempati posisi tag H1, dan pastikan tag H1 hanya ada satu dalam sebuah templat. Anda bisa cek judul artikel blog Anda dengan cara, silahkan klik salah satu artikel Anda kemudian blog judul postingan klik kanan kemudian Inspect Element akan muncul seperti: <hi class...> atau <h2 class...>. Lihat gambar di bawah ini:

optimasi seo blogspot

Sebenarnya hal ini tidak begitu rumit, karena jika Anda sudah menggunakan templat seo friendly yang gratis atau premium pun, biasanya sudah di setting TAG H1 untuk judul postingan, namun jika Anda masih menggunakan Templat bawaan blogger, silahakan Anda mengganti, karena templat bawaan blogger secara defoult H1 untuk judul blog dan dan H2 untuk judul postingan, Jadi hal ini tidak seo friendly. Silahkan baca 5 templat simple seo responsive terbaik.

# Cara Mengoptimalkan Kata Kunci

Kata kunci sangat berperan penting dalam optimasi seo on page, maka melakukan riset kata kunci sebelum membuat artikel sanga di sarankan. Google sendiri sangat memperhatikan kepadatan kata kunci dan cara penempatan kata kunci, penempatan kata kunci yang relevan akan lebih mudah di index oleh search engine spider.

Kepadatan kata kunci juga sangat perperan, walaupun banyak di antara pakar seo menpunyai pandangan yang berbeda, ada yang bilang kepadatan kata kunci dengan kata kunci yang di ulang ulang asal tidak mengurangi kualitas artikel itu tidak masalah dan ada sebagian yang mengatakan kata kunci idak perlu terlalu banyak sekitar 3% dari artikel, karena semakin banyak kata kunci akan di takutkan sebagai spammer oleh google.

# Cara Mengoptimalkan Kata Kunci Ekor Panjang

Secara garis besar kata kunci ekor panjang memang tidak sebanyak jumlah klik pada kata kunci Short tail keyword, namun mencari kata kunci ekor panjang akan berdampak baik pada artikel Anda. Terkadang apa bila kata kunci utama (short tail keyword) tidak bisa menempati posisi utama, karena kata kunci ini tergolong kata kunci populer tentu tingkat kesulitan untuk menempati posisi utama sangat sulit, maka kata kunci ekor panjang akan membantu Anda untuk menempati posisi utama, karena tingkat pesaing tidak terlalu banyak makja akan sangat mudah untuk menempati posisi itu.

Contoh kata kunci ekor panjang yaitu cara melakukan optimasi seo on page yang baik atau bisa juga cara optimasi seo onpage pada website. Ketika Anda mencari kata kunci ekor panjang pastikan juga memiliki tingkat pencarian yang banyak dan sedikit kompetitor Anda, agar bisa menempati posisi pertama dan mendapatkan jumlah klik yang cukup lumayan.

Anda bisa menemukan kata kunci ekor panjang dengan menggunakan tools keywordtool.io atau bisa juga dengan tool satu ini yang cukup di gandrungi oleh para blogger, yaitu; ubersuggest.org.

# Cara Menulis Artikel Panjang Kalau Bisa

Panjang, rinci,berguna dan inspirasi artikel yang mengikuti pedoman di atas, secara tidak sengaja akan memberi ekor panjang yang mungkin tidak terfikir oleh Anda saat melakukan riset kata kunci. Google sendiri juga menyukai artikel yang panjang dan relevan dengan mengupas tuntas sebuah masalah yang sedang di cari oleh pengguna internet.

Buatlah artikel yang sedetail mungkin tapi jangan membuat pembaca Anda bosan untuk membaca artikel Anda dan usahakan membuat kata kata yang unik agar pembaca suka dengan artikel Anda.

Perlu di catak semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang. Panjang, rinci dan berguna adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan SEO blog Anda.

Demikian Artikel yang saya berikan mengenai cara optimasi seo onpage pada blog, semoga bermanfaat untuk Anda dan Pembaca yang lain.

Artikel Belajar Membuat Blog Lainnya :

76 comments :

  1. Blogwalking seperti saya juga bagus gan, situs yg di kunjungu pasti akan berkunjung balik ke blog kita, soalnya mereka ngga enak sudah di sambangi masa ngga berkunjung balik,! Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha trik jitu gan, komentarnya memancing admin untuk berkunjung balik, hehe saya jadi tak enak, saya pasti datang gan

      Hapus
    2. Modus nih modus :D
      saya dulu juga sering melakukan Blogwalking seperti Mas Dzaky, tapi sekarang malah jarang, udah bosen soalnya.

      Hapus
    3. artikelnya emang bagus dan mudah buat dipahami bagi pemula.
      giribig.com

      Hapus
    4. terima kasih banyak atas infonya
      http://idcheat.com/

      Hapus
  2. Joss... triknya... saya cerna dulu ya..

    BalasHapus
  3. bagus artikelnya gan.
    ane juga pernah baca katanya external linking termasuk juga seo onpage. apa bener kaya gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Farid, external link juga termasuk On-Page SEO, dan lebih baik external link menuju ke website atau blog yang relavan dengan blog kita.

      Hapus
  4. Sangat Bermanfaat gan..terima kasih telah membagi ilmunya

    BalasHapus
  5. Siiip Gan,, sangat bermanfaat.. akan saya coba praktekkan. Thanks berat..

    BalasHapus
  6. thanks atas infonya gan. sangat bermanfaat nih..saya pelajari dulu.. hehe

    BalasHapus
  7. masih belum bisa di cerna, ngapura. nubi :v

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas sharingnya
    Http://www.sukaisehat.co.

    BalasHapus
  9. postingannya membantu gan, emang yang bikin saya sulit, ga bisa buat seo onpage, sekarang saya jadi lumayan mengerti tentang seo onpage

    BalasHapus
  10. masa iya ish... mana admin nya.. mau ngak kunuingin web saya yg super ah bikin nanghis dech neh www.citramuslim.com

    BalasHapus
  11. langsung ane eksekusi tipsnya gan . .
    Mohon nyimpen backlink gan, http://on-men.blogspot.co.id/ .Terima kasih

    BalasHapus
  12. Mantap bro artikelnya, tapi cara yang lebih efektif untuk meningkatkan trafik yaitu blogwalking hehehehehehe jangan lupa kunjungan baliknya bro.

    BalasHapus
  13. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. makasih gan tipsnya, semoga blog yg baru saya buat bisa bersaing di google.

    BalasHapus
  15. semoga traffik nya bisa naik dan manjur dengan prakteekkin ini

    BalasHapus
  16. mkasih,,,referensi baru untuk saya>>

    BalasHapus
  17. top SEOnya. sesuai juga masuk pencarian no.1. keren

    BalasHapus
  18. makasih sharing nya mas
    artikelnya bagus sangat bermanfaat dan mudah di pahami seperti newbie seperti saya.

    BalasHapus
  19. Artikelnya bermanfaat , terima kasih ilmunya.

    begini saya ingin menanyakan,
    dalam kontek posting product,

    misal begini saya mempublish sebuah konten, konten disini adalah konten product, saya ada masalah dimana saya perlu waktu lama untuk menposting satu persatu dengan memperhatikan SEO yakni penambahan deskripsi di halaman.
    jadi karena itu saya mau mempost semua produk, kemudian di kemudian hari misal nya saya update di bagian descripsinya apakah akan berpengaruh pada SEO-nya??


    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berpengaruh, tapi tidak banyak. yang pengaruh itu jika merubah isi artikel, jika semakin kualitas ya semakin baik dan sebaliknya

      Hapus
  20. Apa mungkin blog q sudah d takdirkan slalu d belakang..hihi

    BalasHapus
  21. Makasih bang dah ngasih triknya.....salam kenal bang?

    BalasHapus
  22. terima kasih infonya...aku akan mencobanya

    BalasHapus
  23. h1 saya sudah title postingan tapi kok gak muncul judulnya seperti punya agan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika agan merasa kesusahan dalam optimasi seo, mungkin artikel saya yang satu ini bisa membantu agan.

      http://kezzeter.blogspot.com/2016/03/mendapatkan-banyak-visitor-blog-tanpa-seo.html

      Hapus
    2. yang dimaksud tidak muncul judulnya apa gan? mohon di perjelas pertanyaanya

      Hapus
  24. wahh sebagian yang ada didalam tulisan agan sudah saya lakukan. tinggal sebagian lagi akan saya terapkan pada blog saya.

    BalasHapus
  25. thanks infonya pak, akan coba saya terapkan di blog saya carauangcom.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Terima kasih artikelnya gan, izin belajar langsung praktek...

    BalasHapus
  27. bermnafaat sekali meskipun belum sepenuhnya menguasai

    BalasHapus
  28. Buat external link sebagai referensi bagusnya dofollow apa nofollow?

    BalasHapus
  29. sebagian udah di coba.
    thank gan. satu" dulu ane pahami .

    IKutan blogwalking gan.
    http://blog-nya-newbie.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-tes-pengukuran-dan-evaluasi.html

    BalasHapus
  30. terima kasih ilmunya gan,akan saya praktekkan, semoga berkah. salam

    BalasHapus
  31. Bersukur bisa sampsi disini dan menimba ilmu di blog akang.! Trimakasih ilminya kang... Semoga bermanfaat fan mrnjadi betkah aamiin.!

    BalasHapus
  32. Salam kenal dan terimakasih

    BalasHapus
  33. Makasih gan, dah d kupas tuntas sampai tas tas tas optimasi SEOnya. http://semarangservice.blogspot.com

    BalasHapus
  34. terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  35. blogwalking bang
    kunjungi balik ya http://nakama-world.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  36. artikelnya sangat membantu gan. terima kasih . Keep smile :)
    https://englishclas.com

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. mantap gan artikelnnya ane pemula nih di blog masih harus banyak belajar nampaknya
    suzukibandungjuara.com
    di tunggu backlinknya gan

    BalasHapus
  39. artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu kunjungan baliknya ya min, jangan lupa ninggalin jejak hehe

    BalasHapus
  40. Waw sangat bermanfaat kang www.Birsamp3.wapka.mobi

    BalasHapus
  41. artikelnya sangat membantu yang newbie... :D

    salam sukses :D

    BalasHapus
  42. Trmksh infonya gan, jadi perbaikan saya untukmembuat artikel kedepannya

    BalasHapus
  43. thanks ya gan ,, sambil cari backlink , jga sambil ,belajar optimasi onpage

    http://dotyusufshare.blogspot.com

    BalasHapus
  44. sangat bermanfaat artikelnya, makasih atas sharingnya gan :)

    tokoshopie(dot)com dan sandalkita(dot)com

    BalasHapus
  45. Sampai sekarang saya masih kebingungan untuk optimasi SEO di blog saya.. Bagaimana supaya mendapatkan pengunjung organik yang bisa mencapai 1000 per hari min?

    Owh iya sekedar sharing, untuk yang punya kamera DCLR ini ada tips untuk merawatnya https://fokus-cirebon.blogspot.co.id/2016/08/tips-dan-cara-merawat-kamera-dclr-agar.html

    BalasHapus
  46. Oh gitu ya, lumayan lah di chkme udah naik dikit nih status nya. kebetulan saya punya blog https://fiqiharbian.blogspot.com masih baru bikin 2 hari. terima kasih atas postingnya yang bermanfaat

    BalasHapus
  47. terimakasih banyak, mas tentang Informasi SEO. apalagi point #Mengoptimalkan Kata Kunci Ekor Panjang.
    redaksindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  48. kalo domain TLD yang isinya sedikit artikel apa bisa dioptimasi secara SEO karena memang situsnya cuma berisi gambaran sebuah tempat saya bekerja. situsnya http://www.wavahusada.com

    BalasHapus
  49. artikelnya sudah terperinci. bisa dijadikan referensi untuk penerapan seo di website

    BalasHapus
  50. kunbal bang :D https://ipuah.blogspot.co.id/ :D

    BalasHapus
  51. kunjungan balik dong gan http://azkakamilstore.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  52. makasih infonya gan ada yang udah saya praktekan di blog baru sayabru kmaren nulis 1 artikel, lumayan lah buat nambah nambah pengetahuan tentang blog. kunjung gankalo ada waktu
    http://sinopsisfilm31.blogspot.co.id

    BalasHapus
  53. Thanks buat infonya, sangat bermanfaat sekali untuk saya yang newbe... Sukses selalu

    BalasHapus
  54. kalau mengembangkan blog dengan memakai domain sendiri termasuk optimasi gak om ?

    BalasHapus
  55. saya juga punya blog,mampir ya guy
    https://transportalindonesia.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  56. artikel yang bagus, salam blogwalking mas

    http://berita-english.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  57. Artikel yang bagus..
    Kunjungi juga website ini untuk para sobat bloger dalam peningkatan seo.

    http://bit.ly/2m4oF6I

    BalasHapus
  58. ulasan artikel sesuai dengan kualitas blog ini (y)
    banyak juga ternyata yang perlu diperhatikan
    dalam menerapkan ON-PAGE-SEO.
    pantesan cara sederhana saya kurang powerful,
    saya bookmark & renungkan dulu, baru diterapkan.

    BalasHapus
  59. mantep gan infonya .
    main-main keblog saya ya.
    komen aja saya kunjungin balik kok
    widbell.blogspot.com

    BalasHapus
  60. Mantap banget artikel ini, sangat lengkap & up to date.

    Masih banyak banget blogger-blogger yang melakukan kesalahan kecil namun fatal, termasuk saya sendiri.

    Seperti website yang loadingnya ringan, sepele namun bisa jadi masalah besar.

    Kemudian menulis artikel yang panjang dan dalam, masih banyak banget blogger yang nulis seadanya, paling cuma 300kata. Sedangkan kalo saya perhatikan di SERP saat ini artikel-artikelnya selalu di atas 500-1000 kata dan memiliki tulisan yang berbobot, informatif, dan tentunya sudah teroptimasi on page nya.

    Terimakasih, sangat bermanfaat sekali Om!

    BalasHapus
  61. Pantas saja artikel ini ada di pageone simbah, begitu padat artikelnya panjang pula berarti memiliki banyak keyword yang masuk, penempatan keyword utama, internal dan eksternal link nya bagus. Ijin saya aplikasikan di blog baru saya kang www.ikanhias.org Terimaksih artikelnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  62. Ini nih yang saya cari... jadi nambah ilmu seo onpage nya... kira kira bagusnya di kisaran berapa kata artikel yang bagus menurut mas ?

    BalasHapus
  63. Terima kasih infonya sob,, sy coba dulu sob..
    Sip...

    BalasHapus

Terima Kasih Spammer Dan Copasser

Copyright © 2015 Belajar Membuat Blog | Design by Bamz