Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Terbaru 2017 | Lengkap

Artikel terkait : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Terbaru 2017 | Lengkap

Ini adalah panduan lengkap tentang bagaimana cara membuat blog gratis di blogger  yang di persembahkan oleh buatblog.net. Anda dapat mengikuti tutorial ini langkah demi langkah secara gratis, mudah dan cepat yang dilengkapi dengan gambar. Disini selain belajar memulai membuat blog keren dan menarik, Anda juga bisa belajar mengenai apa itu SEO secara gratis.

Artikel ini berhubungan erat dengan cara memilih niche blog. Karena niche blog berfungsi sebagai karakter si penulis. Selain itu niche blog juga membantu Anda untuk mempermudah Anda untuk mengisi artikel blog. Maka, memilih niche blog itu hukumnya wajib.


cara mudah membuat blog di blogger
Sebelum melanjutkan pada tutorial inti cara membuat blog gratis dengan mudah dan cepat, alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan blog dan fungsinya.

PENGERTIAN APA ITU BLOG

Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah apikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan, gambar, vidio pribadi secara online yang selalu diperbarui. Ini adalah tempat untuk mengekspresikan diri kepada dunia. Sebuah tempat untuk berbagi pikiran dan gairah hidup Anda. Anda bisa menulis apapun yang Anda inginkan.

Blog juga bisa dikatakan sebagai situs pribadi Anda yang bisa Anda perbarui kapunpun Anda mau. Tidak ada batasan apapun kecuali Anda melanggar TOS pemilik platform blog tersebut.

APA ITU FUNGSI DARI BLOG

Pada awalnya blog di gunakan sebagai tempat untuk menulis buku diary. Lambat laun blog digunakan untuk berbagi media onlain seperti berita, tutorial dan sebagainya. Dan kini seiring berkembangan zaman blog digunakan sebagai tempat untuk mengail uang melalui internet.

Blog sekarang bukan hanya tempat berexpresi tapi sudah menjadi pekerjaan rumahan yang akhir akhir ini sangat digandrungi oleh kalangan anak muda mencari tambahan uang saku mereka untuk bersekolah. Selain itu jika blog yang Anda kembagkan dengan konsisten Anda bisa menjadi miliader muda seperti Mark Zuckerberg bos Facebook.

Harap di perhatikan! Sebelum membuat blog, alangkah baiknya Anda membuat logo terlebih dahulu. Mengingat logo itu sangat penting untuk kemajuan blog Anda atau bisnis Anda agar mudah di kenal orang,

Memilih Logo Untuk Blog

Jika Anda belum mengetahui apa itu logo? Logo adalah suatu gambar yang memiliki filosofi, konsep, serta tujuan yang mudah di ingat oleh banyak orang. Logo juga bisa di artikan sebagai pembeda atau jati diri.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu logo blog, Sekarang saatnya Anda membuat logo sendiri. Jika Anda pandai dalam urusan desain mungkin membuat logo itu mudah, namun jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang desain! Anda bisa membuat logo di situs Logaster.com. Disana selain gratis Anda juga bisa membuat favicon secara gratis hanya cukup mendaftar disana.

Kelebihan dari situs logo generator lainya. Logaster jauh lebih bagus ketimbang yang lainya. Karena di Logaster Anda bisa mengedit logo dengan mengubah warna, text dan tata letak. Selain itu Anda bisa mendownload logo dan favicon dengan format PNG, PDF, SVG dan JPG melalui akun Anda.

Nah, jika Anda sudah membuat logo dan favicon di Logaster, saatnya kita mulai proses pembuatan blog.

Mengapa Saya Harus Membuat Blog di Blogger?

Ya, pertanyaan itu muncul ketika saya ingin membuat blog pribadi saya. Kenapa harus membuat blog di blogger padahal ada platform lain penyedia layanan blog gratis selain blogger, seperti WordPress, BlogDetik, Webly dan lain lain. Sebenarnya simpel sih, untuk memilih platform mana yang terbaik untuk membuat blog. Saya memilih blogger, karena banyak kelebihanya, berikut kelebihanya;

  • 1)Blogger itu Milik Google - Blogger.com sering kita kenal sebagai blogspot. Kita tahu Google adalah mesin pencari terbaik di seluruh dunia. Maka, secara tidak langsung blogger itu istimewa, selain itu blogger mudah sekali mendapatkan peringkat baik di mesin pencari. Contoh ketika Anda mencari sesuatu di google dengan mengetikkan kata kunci pasti nomer satu adalah blogspot dan sangat jarang sekali ada platform Wordpress di urutan pertama. Iya kan!
  • 2)Blogger itu User Friendly - Nah jika Anda tidak tahu user friendly itu apa? user friendly adalah sesuatu yang mudah digunakan. Inilah salah satu mengapa saya menyarankan Anda untuk membuat blog di blogger, selain gratis, juga mudah untuk digunakan, walaupun Anda seorang pemula.
  • 3)Blgger itu SEO Friendly - SEO friendly adalah ramah dengan mesin pencari atau bisa dibilang sahabat mesin pencari. Blogger itu mudah sekali di optimasi tidak perlu repot download sebuah pluggin Anda hanya perlu memahami coding HTML. Dan jika Anda tidak paham dengan coding HTML, banyak kok penyedia templat SEO frindly yang gratis tanpa Anda harus repot dengan coding HTML.
  • 4)Blogger Bisa di Daftarkan Google Adsesnse - Jika Anda membuat blog di WordPres secara gratis, Anda tidak bisa menghasikan uang dari platform tersebut, Anda hanya dieri kesempatan untuk menulis artikel saja kecuali Anda memiliki pengunjung yang banyak untuk dipasangi iklan dan itupun kalau ada yang mau. Tapi blogger BISA mendapatkan uang dengan mudah jika Anda diteria Google Adsense. Ya, walaupun tidak mudah diterima, tapi masih banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari blog gratis seperti blogger.
Walaupun ada sedikit kelemahan blogger, tapi secara luas blogger adalah pilihan nomer satu yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi, masihkan Anda ragu untuk membuat blog di blogger?

Lalu Apa Sih Manfaat Sebuah Blog?

Setiap orang memiliki tujuan tersendiri mengapa mereka memulai membuat blog, sama dengan saya dan Anda, kita mempunyai tujuan yang berbeda dengan blog yang sudah kita bangun. Tapi ada kalanya tujuan tersebut tidak bisa kita capai mungkin itu belum takdir kita, tapi kita tidak boleh putus asa, walaupun gagal tentu kita juga memiliki manfaat tersebut tak terkecuali penglaman, Anda tahu kan kekuatan pengalaman itu seperti apa? Dan berikut manfaat memiliki sebuah blog;

  • 1)Menjadi orang yang lebih baik - Blogging membantu Anda berpikir lebih jelas, berkomunikasi dengan intensionalitas dan membangun bakat kreatif Anda.
  • 2)Meningkatkan tulisan Anda - Kemampuan MENULIS dilengkapi dengan latihan yang teratur dan membuat blog akan membantu Anda untuk menulis secara cepat.
  • 3)Membuat suara Anda didengar - Dari pada Anda melakukan demo, dengan membuat blog Anda bisa menyuarakan anspirasi Anda biar orang banyak mendengarkan Anda!
  • 4)Membuat perbedaan - Mungkin Anda bebeda dengan orang kebanyakan, orang lebih suka hura hura, tapi Anda membuat blog untuk mengembangkan kreatifitas, itu bagus sekali!
  • 5)Menghasilkan uang - Butuh waktu dan komitmen tetapi orang membuat uang riil dari blog. Itu memang tidak mudah, tapi jika Anda sungguh sungguh niscaya semua terwujud.
Itu baru sekian banyak manfaat dari membuat blog, masih banyak lagi. Tidak heran jika perkembangan blogger kini makin pesat, karena manfaat tersebut.

Ok, sudah saatnya kita kembali ke topik pembahasan, yaitu cara membuat blog gratis di blogger lengkap dengan gambar, sebagai berikut;

Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)

Update: 2017 Ada sedikit perbedaan dari penampilan pada gambar dibawah ini saat Anda membuat blog baru di blogger, namun tidak begitu signifikan. Jadi Anda masih dapat mengikuti panduan ini seperti biasa.

Untuk memulai menggunakan Blogger, silahkan masuk dengan Akun Google Anda. (Jika Anda menggunakan akun Gmail, Google Groups, atau orkut, berarti Anda sudah memiliki akun Blogger.) Jika Anda tidak memiliki Akun Google sebelumnya, silahkan Anda membuat akun google disini.

Buat Blog Baru di Blogger

Mari kita mulai pada panduan utama yaitu cara membuat blog. Untuk memulai membuat blog di Blogger, silahkan kunjungi homepage Blogger, masukkan username dan password Anda, lalu klik Masuk / Sign in.

cara membuat blog

Jika Anda di bawa ke halaman seperti gambar di bawah ini, kemudian klik lanjut ke Blogger.

      cara mudah membuat blog di blogger

Pada halaman selanjutnya (jika tampil seperti gambar di bawah ini). Kemudian klik link Blog baru untuk memulai! (lihat di sebelah kiri). Jika tampilan bahasa di Blogger Anda bahasa Inggris, Anda bisa menggantinya, klik gambar GERIGI di sebelah kanan atas, scroll ke bawah pilih bahasa Indonesia. Tunggu beberapa detik browser Anda akan mereload halaman hingga berubah menjadi bahasa Indonesia.

cara membuat blog gratis di blogger

Kemudian Anda akan di arahkan pada halaman melayang (seperti gambar di bawah ini). 

cara membuat blog keren di blogger


Silahkan Memilih alamat (URL) dan judul blog. Kemudian, pilih template blog favorit Anda (ini adalah bagaimana blog Anda akan terlihat ketika Anda mempublikasikannya). 

Perhatian: Dalam beberapa kasus, alamat blog yang mungkin Anda pilih tidak tersedia, maka usahakan Anda memilih alamat (URL) yang unik dan sedikit panjang. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, Blogger adalah platform yang populer, tentu alamat (URL) sudah banyak yang menggunakan. Jadi, usahakan yang unik yang mungkin belum dimiliki oleh orang. Anda bisa melihat contoh seperti ini caramembuatemail46 (alamat url akan diakhiri dengan blogspot.com). Jika Alamat (URL) Tersedia! Silahkan pilih templat sesuai keinginan Anda. Kemudian klik link Buat Blog.

cara membuat blog dengan mudah


Pada tahap ini blog Anda sudah jadi dan siap untuk pengeposan. Klik pada link Entri Baru (sebelah kiri atas) untuk memulai membuat postingan!

Memulai Menulis Postingan Baru

Setelah blog baru Anda siap, saatnya Anda memulai membuat postingan baru. Untuk mempelajari cara menulis artikel berkualitas, silahkan baca link tersebut.

cara membuat blog di blogspot

Pada gambar di atas, perhatikan poin demi poin untuk memulai membuat postingan dengan sempurna.

  • Poin pertama; Buatlah judul yang ingin Anda bahas, misal cara membuat blog gratis 2015.
  • Poin kedua: Mulai membuat artikel. silahkan menulis di kotak yang tersedia sesuai apa yang ingin Anda bahas.
  • Poin ketiga; Buat label. memberi label bertujuan untuk mengelompokan artikel yang masih terkait dengan postingan blog Anda.
  • Poin keempat; Membuat link yang mengarah ke artikel Anda. Nah, pada poin ini jika Anda masih bingung, biarkan saja biar di buat secara otomatis oleh blogger.
  • Poin kelima: Publiskan. Jika artikel Anda sudah selesai Anda bisa langsung mempubliskan atau lihat Pratinjau dulu sebelum mempubliskan artikel.
  • Poin keenam: Simpan. Jika Anda belum selesai menulis artikel dan ingin meneruskan di kemudian hari, simpan terlebih dahulu di draf dengan cara klik Simpan.
Untuk memulai membuat artikel kembali, caranya sama dengan yang pertama dengan mengklik Entri Baru setiap ingin menulis artikel baru.

Mengganti Templat Blogger

Nah, mungkin Anda kurang tertarik dengan templat bawaan blogger dan Anda ingin membuat tampilan blog Anda menarik itu bisa Anda lakukan. Caranya klik link Template ( disebelah kiri bawah) lihat gambar di bawah ini.

cara membuat blog menarik

Lihat disebelah kanan atas, kemudian klik link Cadangkan / Pulihkan. Lalu Anda akan di arahkan kehalaman seperti gambar di bawah ini;

cara membuat blog di blogspot
Nah untuk mengganti templat, tentu Anda harus memiliki file templat terlebih dahulu. Anda bisa memilih templat disini Templat Simple SEO Friendly. Setelah Anda mendownload templat baru Anda klik Chose File pilih file yang berformat xml yang sudah Anda download tadi kemudian klik pada Unggah. Tunggu proses hingga selesai!

Catatan:
Unduh templat terlebih dahulu sebelum mengganti templat yang baru. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika templat Anda gagal untuk di ganti, jadi Anda bisa mengembalikan templat tersebut seperti semula.

Jika templat Anda berhasil di ganti, akan muncul tampilan seperti ini ( lihat gamba dibawah ini).


cara membuat blog menarik


Untuk melihat tampilan blog baru Anda, silahkan klik Lihat Blog dan lihat hasilnya. Contoh seperti gamba di bawah ini.

cara mrmbuat blog


Nah apakah Anda masih bingung dengan cara membuat blog sekarang? Jika Anda masih bingung silakan Contact Us saya, insyaallah akan saya bantu. Semoga bermanfaat.

Penting! 

Saya percaya bahwa membuat blog itu mudah, namun yang tersulit adalah bagaimana membangun blog yang benar dan diakui oleh blogger lainya. Jadi ketika Anda ingin memulai membuat blog! pastikan Anda mempelajari dulu dengan benar, jangan terburu buru untuk menghasilkan uang dari blog, karena itu bukan soal yang mudah.

Artikel Belajar Membuat Blog Lainnya :

121 comments :

  1. mas, saya sudah bikin blog, cuman pengunjungnya masih sedikit, gimana sih biar banyak pengunjung ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok terima kasih telah berkomentar

      Membuat blog memang sangatlah mudah dan hal tersulit adalah bagaimana mendapatkan pengunjung yang banyak. Anda bisa melakukan blogwalking ke situs situs orang dengan cara meninggalkan alamat situs Anda, namun yang terpenting adalah menulislah artikel yang dapat di percaya orang, itu akan membuat blog Anda mendapatkan pengunjung yang aktif bisa di sebut berlanggan situs Anda.

      Hapus
  2. makasih infonya untuk cara bikin blog, salam kenal dan sukses selalu ia..amiin http://birojasastnk-perizinan.com/biro-jasa/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas kidonk koplak, terima kasih atas do'anya amiiin

      Hapus
  3. niche blog yang bagus apa ya buat main adsense ?

    BalasHapus
  4. wah mantab artikelnya lengkap banget...



    salam kenal mas bro..

    sutoro blogger jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas, terima kasih telah berkunjung di blog saya

      Hapus
  5. Nice...just blogwalking..sure to check all the amazing features at http://bit.ly/1Pd0r49

    BalasHapus
  6. tutorial blog ketkpgan ini bener-bener mudah dicerna...terutama buat para nubi,,, yang pasti sangat bermanfaat setiap postingannya... saya berharap agar blog ini terus update dan memberikan lebih banyak manfaat buat semua orang...sukses selalu buat admin...

    thanks

    BalasHapus
  7. salam kenal gan... komplit banget ini tutornya gan,, mantap...

    BalasHapus
  8. mas kalo misale udah ngeklik buat blog tapi di halamannnya ada tulisan halaman tidak valid gmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini saya tidak pernah mengalami masalah tersebut. mungkin saja itu koneksi internet yang kurang bagus

      Hapus
  9. Kak, saya mau nanya. Saya kan udh nulis blognya, Trs udh saya publikasiin ka. Kok pas saya cari lagi, di blognya muncul tulisan "tidak ada pos yg ditemukan". Mohon bantuannya ya kak,maklum saya baru pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di draft, siapa tahu itu belum terpubliskan dan masih tersimpan di folder draft

      Hapus
  10. Bang tamplate nya pas saya rubah kok ga mau.

    BalasHapus
  11. thanks buat artikelnya. sangat membantu.

    BalasHapus
  12. mas saya kan lagi buat blog nya tpi pas masuk kan judul,nama url nya kok gk bisa2 ya mas, mohon dibantu mas

    BalasHapus
  13. Mohon di bantu dong para Agan.. ?. Maklum baru coba2 bikin BLOG..,mohon masukannya agar blog sy layak... . Thx banyak buat agan yg bersedia..
    Ini Blog saya http://canopytangrang.blogspot.co.id/ kepala udah pusing. Maklum...

    BalasHapus
  14. Mantap mass sangat bermanfaat . Mampir juga ya kerumah saya ! http://caramembuate-mail33.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  15. mampir ke blog ane agan agan siapa tau ada yg butuh http://belimotormudah.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  16. Mantap bos.... Kunjungi blog kami juga yagh http://ngeblogyuuuuk.blogspot.com

    BalasHapus
  17. Pas artikelnya buat para pendatang baru ya Gan, tapi sebelum kita membuat Blog, ada baiknya membuat perencanaan dulu mau dibawa kemana Blog kita nantinya Gan, bagaimana Artikelnya, serta menentukan target dan tujuan pembuatan Blog tersebut.

    Jika ada yang tertarik untuk membuat Blog Berkualitas mungkin bisa intip2 artikel saya yang satu ini (Itu Juga Atas Persetujuan Admin):
    http://www.mugianto.web.id/2016/02/5-langkah-penting-membuat-blog-berkualitas.html

    Terima Kasih Atas Perhatiannya untuk Admin Buatblog.net

    Salam
    Mugianto

    BalasHapus
  18. temakasih mas, sekarang saya sudah bisa bikki blog sendiri dengan tutorial dari anda.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. makasih artikelnya sangat membantu ;)

    BalasHapus
  21. nice infonya gan.. mampir juga ama blog saya yah http://bidan-arif.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Saya udh berhasil buat blog gatis. Nah udh coba2 buat artikel, tapi saya ga bisa masukin gambar, pas upload gagal terus. Gimana ya cara uplod gambar ke artikel kita?? Makasii
    miraclemyos.blogspot.co.id

    BalasHapus
  23. artikelnya bermanfaat sekali..
    saya juga sedang belajar dan menekuni blog..dan mencoba mengexplore
    jadinya seperti ini www.zahirastore.com
    terimakasih

    BalasHapus
  24. Trims Gan infonya bisa diterima, ane juga baru newby buat blog

    BalasHapus
  25. terima kasih mas brow, muda2han saya bisa membuat dan mempergunakan sebagaimana mestinya

    BalasHapus
  26. Tutorialnya sederhana dan mudah di pahami. terimak kasih mas infonya.

    mohon backlink ya mas
    www.ide-ide-unik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  27. waaaa.....hhh saya baru tahu kalau blogger begitu spesial di mata google, trims atas infonya yah mas semoga bermanfaat untuk saya pribadi, http://kaosraglan.org

    BalasHapus
  28. hadeh makin hari blog ama postingnye makin cakep aje kaya orang nye huhu
    agan saya newbie kalo ada waktu singah lah ke blogger ane dan bantu berbagi yeee ilmu nye agan2 semua nie saya undang lo

    BalasHapus
  29. bagaimana cara menentukan judul blog yg akan kita buat? karena saya tdk punya produk, saya kesulitan utk bikin blog.

    BalasHapus
  30. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  31. Mantap infonya gan, sukses terus yaa...

    jangan lupa berkunjung di sini juga ya http://resep-kita-bersama123.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  32. JOS GANDOS DAH............ jangan lupa mampir yah. aloneartikel-blog.blogspot.com

    BalasHapus
  33. Mantep nice artikelnya
    Jangan lupa mampir ke blog ane ya ke icathingthing.blogspot.co.id

    BalasHapus
  34. mantap mas ,makasih info nya

    BalasHapus
  35. Terima kasih, bermanfaat bagi saya pemula

    BalasHapus
  36. Maaf mau tanya saya udah mencoba membuat blog nya tapi pas di search blog nya malah engga ada,itu kenapa ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  37. alhamdulillah...syukran infonyaa..
    sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah...terimakasih atas informasinya..

    Semoga allah SWT selalu memberi kita aman lancat barokah panjamg umur sukses dunia akherat...amiin

    BalasHapus
  39. Artikelnya sangat membantu bagi pemula thanks

    BalasHapus
  40. Mau cb buat...artikelnya jelas

    BalasHapus
  41. Makasih atas infonya.
    kunjungi jg ya web saya: http://www.busanagamismuslim.com/

    BalasHapus
  42. saya lupa sandi blog bagai mana cara mengetahi sandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sandi blogger sama dengan sandi akun Google. Jadi silahkan baca artikel yang ini http://www.buatblog.net/2015/08/cara-merubah-password-gmail.html

      Hapus
  43. Bagus artikelnya.BTW boleh dong mampir ke blog saya
    1.https://sofiamehirama.blogspot.com
    2.https://sofiamanihuruk.blogspot.com
    3.https://snapchat212.blogspot.com
    4.https://musermusically.blogspot.com

    BalasHapus
  44. terima kasih.... sangat membantu saya dalam membuat blog.

    BalasHapus
  45. gan mau nanya google adsense apa ya?,soalnya baru pertama bikin

    BalasHapus
  46. sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya gan, trimakasih.

    BalasHapus
  47. kok alamat tidak tersedia mulu ya?

    BalasHapus
  48. thanks sob infonya untuk cara bikin blog, salam kenal aja yah...
    mampir blog gue yah mas...

    www.semuapolitik.com

    BalasHapus
  49. maksih atas panduanya nih master ..
    salam kenal saja ..jangan lupa mampir juga ke blog saya.

    http://indowisatajaya.blogspot.com

    BalasHapus
  50. sangat membantu aku yang baru mengenal blog......

    BalasHapus
  51. coba2 belajar bikin blog gratis... thanksq inpo nya ya gan

    BalasHapus
  52. saya lagi blajar membuat blog gratis, pas bget infonya. thanks gan for sharing

    BalasHapus
  53. terima ksih banyak infonya
    berguna banget

    BalasHapus
  54. Terima kasih Bro Mantap tutorial nya

    BalasHapus
  55. Penjelasan yang bagus . . saya juga sedang belajar buat blogg nih

    BalasHapus
  56. bagus artikelnya (y) Kunjungi juga ya fam-id.blogspot.com

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  58. terimakasih ya atas ilmunya...semoga berkah berlimpah buat yg telah sharing ilmunya

    BalasHapus
  59. Kak,gimana caranya tau alamat URL blog sendiri?

    BalasHapus
  60. thanks gan infonya semoga bermamfaat buat kami pemula

    BalasHapus
  61. Nice post....... Jangan lupa kunbalnya ridhogamesoft.blogspot.com tolong dicek, apakah sudah benar blognya ? Thanks..

    BalasHapus
  62. sangat bermanfaat,ditunggu kunjungannya:
    https://gudangtipsdancara.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  63. thanks gan info nya sangat bermanfaat
    apalagi ane yang mempunyai tugas membuat blog
    terima kasih

    BalasHapus
  64. yeayyy nih info yang dicari cari xixixi

    BalasHapus
  65. mkasih infonya sekarang aku udah bisa buat blogger

    BalasHapus
  66. yess berhasil :) sangat membantu nih info :)

    ditunggu kunbalnya ya? :)

    BalasHapus
  67. cara gabungin sama adsense gmna gan? saya udah punya akun d youtube

    BalasHapus
  68. Saya baru berhasil membuat blog... please komentarin ya.. http://wayannane.blogspot.co.id/

    trims

    BalasHapus
  69. Saya sudah berhasil membuat blog... please komentarnya ya.. http://wayannane.blogspot.co.id/
    trims

    BalasHapus
  70. maaf bang saya repost, lain kali saya bikin post sendiri (thanks)

    BalasHapus
  71. terima kasih atas bantuan dan arahannya,sedikit mungkin saya bisa mempelajarinya..

    BalasHapus
  72. Wah lengkap nih.. Thanks infonya semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  73. Thank Infonya Cek juga dimari gan https://youtu.be/0_FLinEbcE8

    BalasHapus
  74. trimakasih infonya smoga panjang umur

    BalasHapus
  75. Thank,s atas informasinya... Sangat banyak membantu bagi para pemula... dan mg sukses selalu...

    BalasHapus
  76. thanks infonya. saya sangat terbantu. good luck ya

    BalasHapus
  77. bagus artikelnya mas, lengkap dan sangat membantu. tahapan berikut setelah berhasil membuat blog sebaiknya ngapain dulu ya mas? makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  78. Ass....masbro....
    trims tips2nya.........!! oh iya...jangan lupa mampir diblok saya.....!

    BalasHapus
  79. good job!! sangat membantu banget.skarang saya udah punya blog.thank's yaa

    BalasHapus
  80. terima kasih untuk informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  81. Di like ya halaman bukit bunda
    https://www.facebook.com/bukitbunda/

    BalasHapus
  82. Thanks atas ilmunya...Sangat membantu dan bermanfaat
    Please berkunjung juga di http://freebutpaid.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  83. bagus artikelnya .saya sudah bikin blog pengunjung nya kok ngak meningkat ya?

    http://mynewblogindonesiacerdas.blogspot.com

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  85. Gan.. kalau web movie bisa juga di blogspot ya, itu themplate yang bagus apa ya min? terima kasih
    Mampir ya min> http://klikgaul.info

    BalasHapus
  86. terima kasih mas, atas pengarahannya tentang membuat Blog..

    BalasHapus
  87. info sangat detail dan bagus. Thanks for tips :)

    Belajar Buat Blog Percuma

    BalasHapus
  88. trimakasi imformasiy,smoga trus sukses

    BalasHapus
  89. kang untu editbagia footernya di html dmn ya(copyright 2015 Belajar Blog desing by bamz)

    BalasHapus
  90. Thx, sangat membantu 😀😀😀

    BalasHapus
  91. Mantep kang kunjungin blog http://www.cerblog.tk ,tolong komentari kekurangannya

    BalasHapus
  92. gan....gmn caranya mengindexkan agar iklan bisa muncul ?maaf sebelume aku sama sekali blm tau tentang blog.baru mulai belajar

    BalasHapus
  93. MAs kalau Template yang Bagus Untuk Blog recomendasi mas yang mana kalau saya boleh tahu mas karna saya igin membuat blog juga mas , mohon solusinya

    BalasHapus
  94. MZ sy sudah bikin blog tetapi sy cari d google kok gk ada y
    Padahal udah sy publikasikan

    BalasHapus
  95. Terimakasih mas, artikelnya sangat membantu, saya sudah membuat blog, semoga tulisan sukses dengan tulisannya .. aamiin
    Lanjutkan mas

    BalasHapus
  96. Ok bo Terimakasih kunjungi juga blog saya blog tentang Android mohon kritik dan saran nya https://radarandroid22.blogspot.co.id

    BalasHapus

Terima Kasih Spammer Dan Copasser

Copyright © 2015 Belajar Membuat Blog | Design by Bamz